Liga 1Sepak Bola
Trending

Setelah Daftarkan Bali United & Persija, PSSI Tunggu Persetujuan AFC

ACEOFNEWS – PSSI masih menunggu persetujuan dari AFC setelah menunjuk Bali United dan Persija Jakarta. Federasi telah memutuskan dua klub itu tampil di Piala AFC 2021.

Bali United dan Persija ditunjuk PSSI setelah menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) pada, Rabu (16/12/2020). Penunjukkan terpaksa dilakukan PSSI karena kompetisi Shopee Liga 1 2020 baru berjalan tiga pekan.

Keputusan itu menuai kontroversi, terutama soal dipilihnya Persija. Mengacu ke manual kompetisi antar-klub Asia, seharusnya Persipura Jayapura yang dipilih, bukan Persija.

“Itu sudah menjadi keputusan Exco PSSI. Demikian juga dasar-dasarnya. Keputusannya sudah disampaikan ke AFC, kami sedang menunggu jawabannya,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi.

“Setelah keputusan Exco, federasi wajib menyampaikan dan melaporkan keputusan tersebut ke AFC,” ujarnya menambahkan.

Baca juga:  Klub Inggris Pernah Digoyang Prostitusi, Liverpool dan City Masuk Daftar

Merespons keputusan PSSI, Persipura pun mengirimkan surat resmi ke federasi dan mempertanyakan keputusan mereka lebih memilih Persija. Persipura heran karena merasa keputusan PSSI tak sesuai ketentuan AFC.

Persipura sebenarnya tak bernafsu mewakili Indonesia di Piala AFC sebagaimana diungkapkan Asisten Manajer Bento Madubun. Mereka hanya meminta penjelasan dan alasan PSSI menunjuk Persija, karena secara aturan AFC, jelas Persipura yang lebih berhak untuk ditunjuk.

PSSI mengakui telah menerima surat dari Persipura. “Surat itu baru kami terima, pekan depan akan kami berikan ke Ketum (Ketua Umum, Mochamad Iriawan) dan Exco,” tutur Yunus Nusi lagi.

Sementara itu, Bento Madubun yakin penunjukkan PSSI masih bisa berubah. Apalagi PSSI masih menunggu persetujuan dari AFC soal penunjukkan Bali United dan Persija.

“Kami menunggu jawaban dari surat kami. Secara personal saya sudah berkomunikasi dengan Plt Sekjen PSSI. Beliau mengatakan masih menunggu konfirmasi dari AFC,” tutur Bento Madubun.

“Kami siap, insyaallah siap. Harus siap sebagai klub. nggak mungkin nggak siap, apalagi Persipura yang sudah lama tak main bola,” ucapnya andai pada akhirnya Persipura ditunjuk main di Piala AFC.

Related Articles

Back to top button
Close