MotoGP
Trending

Profil Sirkuit Mandalika yang Akan Gelar MotoGP 2022

ACEOFNEWS – Sirkuit Mandalika menjelang perhelatan akbar MotoGP 2022. Berikut profil dari lintasan balap yang dibangun di kawasan Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Sirkuit Mandalika akan menggelar MotoGP pada 20 Maret 2022. Sebelumnya, ada tes pramusim yang akan digelar pada 11 Februari.

Dibangun mulai 2019, Sirkuit Mandalika membutuhkan waktu pengerjaan selama dua tahun. Presiden Joko Widodo yang meresmikannya pada 12 November 2021.

Sirkuit Mandalika dirancang oleh perusahaan arsitek asal Amerika Serikat, Popuolus. Perusahaan ini sudah mempersembahkan beberapa gedung olahraga besar, Stadion Wembley salah satunya.

Ada sebanyak 17 tikungan dari trek dengan panjang 4,3 kilometer di sirkuit yang dilabeli dengan nama putri raja dalam legenda di Lombok ini. Ada 11 belokan ke kanan dan 6 belokan ke kiri dalam sirkuit bertipe clockwise itu.

Lokasi sirkuit yang ada di pinggir pantai menawarkan pemandangan yang indah. Pembangunannya bertempat di Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Pantai Kuta dan Tanjung Aan merupakan kawasan pantai yang paling dekat dengan trek.

Sirkuit Mandalika dirancang dengan 40 garasi di area paddock, yang dibangun secara permanen. Kapasitas Mandalika dialokasikan untuk menampung sebanyak 110 ribu orang. Karena pandemi COVID-19, MotoGP Mandalika yang perdana hanya menyediakan tiket 63.534 setiap harinya.

Pembangunan sirkuit Mandalika dilakukan di tanah seluas 1.035,67 hektar. Meski dengan konsep sirkuit jalan raya, Indonesia Tourism Development Corporation dan Mandalika Grand Prix Assocsiation mengklaim sirkuit ini yang paling aman pada jenis yang serupa. Sejauh ini, balapan di Mandalika menjadi satu-satunya race MotoGP yang digelar di sirkuit jalan raya.

Biaya Pembangunan dan Teknologi Aspal

Sirkuit Mandalika dikabarkan menelan pembiayaan sebesar Rp 1,1 triliun. Investasi sebesar itu juga menjadi bagian dari usaha menjadikan Lombok sebagai Kawasan Ekonomi Khusus.

Pemerintah memang sedang mencanangkan 5 daerah pariwisata super prioritas. Selain Mandalika, ada Labuhan Bajo (Nusa Tenggara Timur), Danau Toba (Sumatera Utara), Candi Borobudur, dan Likupang (Sulaewsi Utara) yang ada dalam daftar destinasi prioritas.

Nantinya, akan ada sebanyak 10 hotel dengan kapasitas sekitar 2500-an kamar/room keys, COEX (Convention – Exhibition) Building, Rumah Sakit dan Water Park berstandar internasional. ITDC mengungkap ada nilai investasi di sekitar Mandalika sebesar USD 1 Milyar selama 15 tahun.

Teknologi stone mastic asphalt (SMA) yang dipakai pada trek sirkuit Mandalika. Dari data situs litbang dinas Pekerjaan Umum, ada dua keunggulan dari teknologi SMA. Yang pertama tahan gelincir yang cukup tinggi. Dengan begitu, rider akan tak mudah terjatuh termasuk saat harus menjalani wet race.

Dua bisa tahan terhadap temperatur tinggi dan beban berat hingga cocok digunakan pada daerah berilim tropis. Cuma ada 3 sirkuit lain yang menggunakan teknologi SMA. Selain sirkuit Mandalika, ada sirkuit Silverstone (Inggris), Yas Marina (Abu Dhabi), dan Phillip Island (Australia).

Related Articles

Back to top button
Close