Liga ChampionsLiga SpanyolSepak Bola

Pesan Gattuso ke Pirlo: Pelatih dan Pemain, Profesi yang Sangat Berbeda

ACEOFNEWS – Gennaro Gattuso memberikan wejangan kepada pelatih baru Juventus, Andrea Pirlo. Ia merasa reputasi besar sebagai pemain tak cukup jadi modal sebagai pelatih.

Juventus resmi menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih baru. Ia menggantikan posisi dari Maurizio Sarri yang dipecat usai Si Nyonya Tua disingkirkan oleh Olympique Lyon di Liga Champions.

Pirlo bukan sosok yang asing bagi Juventus. Sebelumnya, ia pernah menjadi andalan di lini tengah Bianconeri pada rentang 2011-2016.

Pirlo mengemas 164 penampilan dengan mengemas 19 gol dan 38 assist untuk Juventus. Ia turut mengantarkan tim asal Turin ini meraih empat gelar Serie A.

Catatan gemilang Pirlo sebagai pemain tak hanya di Juventus, tapi juga di tim sebelumnya AC Milan. Pria kelahiran Flero ini mampu mengantarkan Milan meraih dua gelar Serie A dan dua gelar Liga Champions.

Keputusan Pirlo menerima pinangan untuk menjadi pelatih Juventus ini ditanggapi oleh Gattuso. Pria berjuluk Rino ini terkenal dekat dengan Pirlo saat sama-sama bermain di AC Milan dan timnas Italia.

Gattuso sendiri sudah lebih dulu memulai karier kepelatihan dengan saat ini menukangi Napoli dan sebelumnya sempat membesut AC Milan. Pria 42 tahun ini memberi wejangan kepada Pirlo.

Menurutnya, untuk menjadi pelatih tak cukup hanya berbekal reputasi hebat seseorang kala menjadi pemain. Maka dari itu, ia berharap Pirlo bisa terus belajar dan mampu mengatasi tekanan dalam profesi barunya tersebut.

“Ya, dia akan menghadapi tekanan sekarang… Itulah tugasnya,” ujar Gattuso mengenai Pirlo dikutip dari  ACEOFNEWS .

“Dia beruntung bisa memulainya di Juventus. Namun, dalam profesi ini bekal karir bermain yang hebat saja tidak cukup. Anda harus bekerja keras hingga tidak banyak tidur.”

“Menjadi pemain dan pelatih bukanlah hal yang sama. Kedua profesi tersebut sangat berbeda. Kamu tak bisa mempelajarinya hanya dari buku.”

“Kamu harus berada di posisi itu dan bekerja keras. Ini dunia yang akan sangat berbeda,” tegas Gattuso sesudah Napoli disingkirkan oleh Barcelona di Liga Champions.

Related Articles

Back to top button
Close