Liga SpanyolSepak Bola

Pengalaman Valverde, Sepakbola Tanpa Penonton itu Buruk

ACEOFNEWS– Ernesto Valverde mengomentari new normal di sepakbola, salah satunya laga tanpa penonton. Eks pelatih Barcelona  itu menganggapnya hal yang cukup buruk.

Sepakbola di Eropa sebagian besar masih ditangguhkan akibat pandemi virus corona. Namun, beberapa kompetisi siap digelar kembali.

Salah satunya adalah Liga Spanyol. Pemerintah setempat mengizinkan LaLiga digelar kembali mulai 8 Juni mendatang, setelah Spanyol mulai mengendurkan pengetatan wilayah akibat pandemi.

Namun, protokol kesehatan tetap harus diberlakukan saat liga digelar. Salah satunya, dan yang paling krusial, adalah melarang menghadirkan penonton ke stadion.

Syarat itu dikomentari Valverde. Pelatih yang membawa Lionel Messi dkk juara LaLiga dalam dua musim terakhir, sebelum akhirnya dipecat pada Januari lalu, menilai kondisi pertandingan tanpa penonton bakal aneh.

“Beberapa laga mungkin masih oke, tapi saya gak tahu apa yang bakal terjadi kalau sampai 100 laga tanpa penonton. Yang pertama, sih, pasti akan rumit,” kata Valverde kepada Radio Marca.

Valverde sendiri punya pengalaman menjalani pertandingan tanpa penonton. Menurutnya, situasinya sangat buruk.

“Itu hal yang buruk. Kami tidak siap bermain dalam kondisi seperti itu. Mungkin sekarang semua orang justru sedikit lebih bersemangat,” ungkapnya.

“Ini masa-masa yang sulit, terutama kekhawatiran yang Anda miliki pada orang-orang terdekat. Kita mengalami sesuatu yang belum pernah terjadi sebelumnya, dan mungkin membuat kami hanya memandang orang-orang harus melakukan pekerjaan yang lebih penting.”

“Tapi, itu tidak menghentikan sepakbola untuk menjadi tontonan yang bisa kita nikmati,” jelasnya.

Related Articles

Back to top button
Close