Liga SpanyolSepak Bola

Inikah Penyebab Griezmann Menurun di Barcelona?

ACEOFNEWS – Memasuki musim kedua di Barcelona, penampilan Antoine Griezmann dianggap belum sesuai ekspektasi. Perbedaan peran diyakini mempengaruhi penurunan tersebut.

Baca juga : Thomas Tuchel Nggak Mau N’Golo Kante Jadi Mubazir

Dibeli seharga 120 juta Euro dari Atletico Madrid pada musim panas 2019, hingga kini Griezmann baru mencetak 27 gol dari 82 pertandingan bersama Barcelona.

Statistik tersebut sebetulnya tak buruk, namun jelas jauh dari harapan suporter jika melihat besarnya uang yang harus dikeluarkan untuk membeli pemain asal Prancis tersebut.

Apalagi, Griezmann pernah mencetak 29 gol hanya dalam semusim, tepatnya pada 2017/18. Saat itu, Atletico mengakhiri musim dengan menjadi juara Liga Europa dan finis sebagai runner-up Liga Spanyol.

Menjadi wajar jika publik mengharap hal sama darinya, dan hal itu belum terpenuhi sejauh ini. Dua musim di Barcelona, nama Griezmann lebih banyak menghiasi media dengan berita-berita negatif, seperti berselisih dengan Gerard Pique atau Lionel Messi.

Eks bek Barcelona yang juga berasal dari Prancis, Jeremy Mathieu, mengungkapkan opininya. Pria yang berseragam Blaugrana pada 2014-2017 itu berpikir alangkah baiknya Griezmann tetap di Atletico saja.

“Performa dia sekarang tak seperti saat dia di Atletico dulu. Saya pikir dia salah bergabung dengan Barcelona,” kata Mathieu kepada RAC1, dikutip Marca.

“Di Atletico, dia itu bagian penting dari tim. Saya tak tahu apakah dia berstatus sama di Barcelona,” katanya lagi.

Menurunnya jumlah gol Griezmann diyakini karena perubahan posisi yang dialaminya di Barcelona. Sewaktu di Atletico, Diego Simeone lebih banyak menaruhnya sebagai penyerang tengah atau second striker.

Di Barcelona, ia masih bermain di dua posisi tersebut, namun tak sesering dulu. Ia lebih banyak diplot sebagai winger kiri. Hal itu diyakini mempengaruhi produktivitasnya.

Selain itu, berbeda dengan di Atletico, di Barcelona juga ada Lionel Messi yang menjadi tumpuan gol utama. Jelas peran Griezmann mengalami reduksi.

Catatan Griezmann di Atletico Madrid (2014-2019)

Main 257 kali, mencetak 133 gol (0,51 gol per laga)

Posisi paling produktif: penyerang tengah (69 gol)

Catatan Griezmann di Barcelona (2019-sekarang)

Main 82 kali, mencetak 27 gol (0,33 gol per laga)

Posisi paling produktif: winger kiri (16 gol)

Related Articles

Back to top button
Close